Latihan Soal Bahasa Indonesia (2) - Menemukan Tujuan Penulisan dalam Sebuah Paragraf

Contoh soal dan pembahasan menemukan tujuan penulisan dalam sebuah paragraf



Cermati paragraf berikut!

Iklan merupakan bentuk pemakaian bahasa yang digunakan sedemikian rupa sehingga pesan yang dikandungnya dapat diterima oleh masyarakat. Selanjutnya, masyarakat memberikan umpan balik yang memberikan keuntungan bagi perusahaan pengiklan. Iklan dapat menjangkau hampir semua lapisan masyarakat. Keberhasilan sebuah iklan sangat bergantung pada kemahiran seseorang dalam menggunakan bahasa. Dalam menyusun sebuah iklan, pembuat iklan harus memperhatikan unsur-unsur kebahasaan sebagai titik tolak penulisan sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima pembaca secara jelas dan utuh. 

(www.mediasiswa.com dengan pengubahan)

Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah ….

A. mengajak pembaca untuk memperhatikan pemakaian bahasanya

B. mengimbau pembuat iklan agar mahir dalam menggunakan bahasa

C. menginformasikan pengertian iklan sebagai bentuk pemakaian bahasa

D. mengharapkan pembaca berhati-hati terhadap bahasa dalam iklan

E. melaporkan berbagai data tentang pemakaian bahasa di masyarakat

Pembahasan

Paragraf berdasarkan tujuannya dibagi menjadi lima, yaitu (1) eksposisi, paragraf yang menjelaskan dan menerangkan sesuatu permasalahan secara ilmiah dan berlandaskan fakta kepada pembaca; (2) argumentasi, paragraf yang berisi ide/gagasan dengan diikuti alasan yang kuat untuk menyakinkan pembaca; (3) deskripsi, paragraf yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu dengan tujuan agar pembaca seakan-akan bisa melihat, mendengar, atau merasakan sendiri semua yang ditulis oleh penulis; (4) narasi, paragraf yang menceritakan serangkaian peristiwa yang disusun menurut urutan waktu terjadinya; dan (5) persuasi, paragraf yang bertujuan meyakinkan dan membujuk seseorang atau pembaca agar melaksanakan/menerima keinginan penulis.

Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah mengharapkan dan meyakinkan pembaca agar berhati-hati terhadap bahasa iklan menerima keinginan penulis iklan. Hal tersebut ditandai melalui kalimat pembuat iklan harus memperhatikan unsur-unsur kebahasaan sebagai titik tolak penulisan sehingga pesan yang akan disampaikan dapat diterima pembaca secara jelas dan utuh.

Kalimat pada pilihan A dan B merupakan kalimat untuk jenis paragraf pesuasi karena terdapat kata ajakan mengajak dan mengimbau, tetapi tidak sesuai dengan kalimat topik yang dibahas. Paragraf tersebut tidak berisi penggunaan bahasa pembaca dan kemahiran berbahasa pembuat iklan, tetapi berisi perhatian terhadap unsur-unsur bahasa dalam iklan. Kalimat pada pilihan C dan E adalah jenis kalimat untuk membentuk paragraf eksposisi.

Jawaban: D


LihatTutupKomentar